Internet Marketing

Internet marketing telah menjadi bagian penting dari sistem pemasaran


Berdasarkan data dari Internet Live Stats, pada tahun 2016 terdapat lebih dari 3 milyar orang di seluruh dunia memiliki akses terhadap internet secara langsung. Mereka mengakses banyak hal dan banyak topik, ada yang mengakses situs bisnis, hiburan, pendidikan, dan lain sebagainya. Internet memberikan kesempatan kepada para penggunanya untuk mendapatkan informasi mengenai apapun yang mereka inginkan.

Tetapi, internet tentu tidak hanya bermanfaat bagi para penggunanya saja. Internet memiliki manfaat yang lebih besar lagi, bukan hanya sebagai media konsumsi, tapi internet juga bisa dijadikan sebagai media bisnis, dijadikan sebagai media pemasaran. Banyaknya pengguna internet di dunia memberikan kesempatan bagi para pemasar untuk menawarkan produk dan layanan kepada calon pelanggan. Dengan menggunakan internet mereka bisa menginformasikan produk mereka kepada 3 milyar calon pelanggan, bahkan angka ini bisa saja terus bertambah.

Memasarkan produk dan layanan menggunakan internet sudah mulai terkenal beberapa tahun lalu. Kegiatan ini biasanya disebut dengan Internet Marketing bisa juga di sebut Web Marketing, atau Pemasaran Digital. Pada dasarnya, internet marketing mengacu pada strategi yang digunakan untuk memasarkan produk atau layanan online. Hal ini bisa dalam berbagai bentuk, termasuk mengiklankan produk anda melalui media sosial, atau blog yang dipasangi oleh iklan yang membayar setiap kliknya, dan lain sebagainya.

Internet telah menjadi bagian penting dalam bisnis dan pemasaran, internet telah memfasilitasi komunikasi langsung antara perusahaan dan konsumen, sehingga sangat memungkinkan bagi perusahaan untuk merespon dengan cepat kebutuhan konsumen dan perubahan di pasar. Sebagai contoh manfaat dari internet adalah, menurut survei pada tahun 2013 tehadap lebih dari 1000 peserta, 90 % dari responden mengatakan bahwa ulasan positif di internet mengenai suatu produk telah mempengaruhi mereka dalam mengambil keputusan untuk membeli produk yang bersangkutan.

Selain itu, menurut Forrester Research dari Amerika, penjualan ritel online diproyeksikan akan mencapai $ 370.000.000.000 pada 2017, sehingga pemasar online terus merancang strategi baru pemasaran internet dengan harapan mereka dapat mengarahkan lalu lintas pengguna internet ke situs Web mereka dan membuat lebih banyak penjualan. Forrester Research juga memprediksi bahwa pada tahun 2020, 42% hasil penjualan suatu toko adalah berasal dari pelanggan yang membeli melalui internet.

Internet juga pada saat ini sedang berkembang dengan pesat, hal ini dapat terlihat dari semakin banyaknya pengguna internet di dunia, lalu bisa terlihat juga dari berkembangnya media sosial, pilihan untuk menggunakan media sosial pada saat ini sangat banyak, yang dimana media sosial tersebut telah menjadi sasaran para pebisnis sebagai media untuk memasarkan produk dan layanannya.

Menurut Statistik diprediksi bahwa pada tahun 2018 jumlah pengguna media sosial di seluruh dunia diperkirakan akan mencapai 2,5 miliar. Facebook adalah platform media sosial yang paling dominan , pada akhir 2015 Facebook memiliki sekitar 1,6 miliar pengguna aktif di seluruh dunia, atau sekitar 38,6% dari populasi pengguna media sosial di dunia, perangkat mobile telah menjadi platform dominan untuk penggunaan Facebook , 68% dari waktu yang dihabiskan untuk Facebook berasal dari perangkat mobile.

Baca juga :
Tips Menggunakan Media Sosial Untuk Bisnis Anda

Pelaku bisnis yang ingin memasarkan produknya secara online dengan cepat dan murah, biasanya mereka mulai dengan platform media sosial seperti Facebook dan membuat halaman Facebook bisnis. Menggunakan Facebook sebagai media promosi adalah hal paling dasar yang bisa dilakukan, bahkan oleh mereka yang masih awam terhadap internet marketing. Platform media sosial populer lainnya untuk menjadi media pemasaran secara online adalah Twitter, LinkedIn, Pinterest, dan YouTube.

Internet marketing juga tidak hanya bisa dilakukan melalui sosial media, tetapi bisa juga dilakukan melalui SEO (Search Engine Optimization) yaitu kegiatan membuat website mengenai produk kita yang kemudian kita promosikan web tersebut sehingga website tersebut bisa terdeteksi ketika orang lain mencarinya di mesin pencari. Ketika orang lain mencari suatu keperluan di mesin popular seperti google, yahoo, atau bing maka halaman kita yang akan muncul dan memberikan informasi yang mereka butuhkan.

Baca juga :
Apa itu SEO (Search Engine Optimization)

Selain itu, ada juga PPC (Pay per Click) dimana kita mengiklankan produk orang lain di website kita, dan kita akan dibayar oleh pengiklan setiap ada yang mengklik iklan mereka. Selain PPC ada juga afiliasi, dimana kita mengiklankan produk orang lain di website kita, dan jika ada yang membeli suatu produk melalui website kita maka pihak pengiklan akan membagi penghasilan yang mereka dapatkan dengan kita.

Kita bisa lihat bahwa Internet marketing memiliki potensi yang hebat, dan memiliki potensi yang kuat bagi kita untuk memasarkan produk kita dan layanan kita kepada calon konsumen. Dengan menggunakan internet kita bisa mendapatkan penghasilan yang lebih banyak dari sebelumnya.
Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat memulai bisnis online anda.

Semoga artikel ini bermanfaat :)
Jika dirasa bermanfaat silahkan share pada teman-teman anda, mungkin mereka membutuhkan :D

Baca juga :
Strategi Internet Marketing
Berbagai Jenis Internet Marketing & Mengapa Kita Harus Mulai Melakukannya 

2 comments:


  1. Hello,

    we provide affordable and result-oriented SEO services, please give a chance to serve you.


    Thanks
    Admin: E07.net

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar. Mohon untuk tidak memberikan komentar yang berbau SARA, pornografi atau pesan negatif lainnya, karena akan kami hapus dari postingan ini.

Bagi anda yang ingin mempromosikan bisnis anda, silahkan promosikan bisnis anda di blog ini dengan berkomentar dan menyimpan link website bisnis anda pada bagian komentar.