Cara Meningkatkan Traffic Melalui Media Sosial

Media sosial adalah "senjata" yang kuat yang dapat anda gunakan untuk mempromosikan bisnis anda.
Jika kita membaca berbagai sumber mengenai cara meningkatkan penghasilan dari bisnis online, maka kita akan menemukan banyak situs yang menyarankan kepada kita untuk memperhatikan traffic terlebih dahulu. Pasti yang dianjurkan adalah meningkatkan pengunjung yang datang ke website kita. Saya setuju dengan hal ini, karena bagaimana kita akan mendapatkan uang jika"warung" kita kosong tidak ada pengunjung.

Meningkatkan traffic atau dengan kata lain pengunjung website adalah salah satu bagian yang paling penting untuk menghasilkan uang melalui bisnis online. Semakin banyak orang yang bisa anda arahkan untuk mengunjungi situs anda, semakin banyak potensi uang yang bisa anda peroleh.

Alasan utama mengapa orang gagal dalam bisnis online adalah karena mereka tidak menghasilkan traffic yang cukup ke situs mereka. Banyak orang yang menyerah karena hal tersebut. Hal ini sangat disayangkan karena banyak metode sederhana yang bisa dilakukan menarik banyak orang menuju situs anda. Memang hal Ini mungkin tidak akan terjadi dalam semalam (meskipun itu bisa!) Tetapi jika anda menginvestasikan waktu untuk bekerja dengan metode yang tepat, pasti hal itu akan menunjukan hasilnya kepada anda.

Terdapat banyak metode sederhana yang bisa meningkatkan traffic untuk situs-situs baru, bahkan metode tersebut bisa juga diterapkan di website yang telah berjalan cukup lama. Metode-metode tersebut memungkinkan anda untuk menggunakan waktu anda secara bijaksana untuk mengiklankan keberadaan situs anda tanpa harus mengeluarkan biaya!

Jika web anda sudah besar dan anda punya uang untuk melakukan iklan berbayar untuk website yang anda kelola, anda memiliki banyak pilihan untuk menarik pelanggan menuju website anda. Namun, jika anda baru memulai, tidak memiliki uang yang cukup, dan perlu orang untuk datang dan mengunjungi situs anda, maka strategi ini sangat cocok untuk Anda!

Manfaatkan Media Sosial, Pemasaran Gratis, Content & Video untuk pemasaran website anda!!! tetapi pada artikel ini penulis akan fokus  membahas salah satu cara, yaitu pemasaran melalui media sosial, ketiga teknik lainnya akan dibahas pada artikel yang berbeda
Media Sosial

1. Twitter


Saya yakin anda telah mendengar tentang Twitter, bahkan mungkin anda pun sudah memiliki akun twitter pribadi dan bisa jadi telah membuat anda kecanduan untuk menghabiskan waktu berinterakasi di dalam media tersebut.

Twitter adalah aplikasi media sosial revolusioner yang memungkinkan orang untuk berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia. Kebanyakan dari interaksi dalam dalam Twitter adalah percakapan-percakapan ringan sehari-hari, ataupun gossip, dan hal-hal seperti itu. Tetapi walaupun demikian twitter dapat juga dimanfaatkan sebagai alat yang ampuh untuk berbisnis, mengiklankan sesuatu, dan lain sebagainya. 

Bahkan pemberontakan di timur tengah yang terjadi baru-baru ini katanya digerakan melalui melalui twitter dan media sosial lainnya. Saya yakin bahwa sebagian besar dari anda tidak akan berencana menggunakan Twitter untuk revolusi ataupun menggulingkan suatu negara. Saya memberikan contoh tersebut untuk menunjukkan kekuatan jaringan dan jangkauan yang di miliki Twitter.

Sekarang anda dapat melihat twitter sebagai alat pemasaran yang luar biasa, yang memungkinkan anda untuk dapat berkomunikasi dengan orang-orang yang anda kenal, maupun berkenalan dengan orang-orang baru yang mungkin akan tertarik untuk menuju situs anda.

Sekarang kita mulai bagian dimana kita bisa menggunakan Twitter sebagai "senjata" pemasaran kita. Sebagai pemula, tentu hal yang pertama kali anda lakukan adalah membuat dan mengatur akun Twitter untuk website anda. Anda harus membuat gambar profil yang besar dan menulis bio data singkat untuk menjelaskan mengenai website anda. Karena Twitter memiliki jumlah karakter (huruf) yang terbatas, maka anda harus membuat deskripsi yang singkat, jelas, dan padat.

Sebagai contoh, anda membuat situs tentang berkebun dan anda ingin mempromosikan situs tersebut melalui twitter. Anda bisa membuat akun baru dengan nama 'amateurgardeners'. Sebuah foto bunga dapat anda gunakan sebagai gambar profil, kemudian buatlah deskripsi singkat di bio "Mengajari amatir untuk menjadi tukang kebun yang lebih baik dan menumbuhkan makanan mereka sendiri!". Buatlah deskripsi yang jelas sehingga siapa saja yang melihat akun ini tidak bingung mengenai apa yang anda iklankan.

Langkah selanjutnya adalah mulai dengan melakukan Follow terhadap orang-orang. Tetapi, jangan hanya asal follow! Anda harus mengikuti orang yang relevan dengan niche anda. Mulai dengan Menemukan beberapa nama orang-orang terkenal yang terkait dengan niche anda, kemudian mem-follow mereka dan mengetahui siapa yang mereka follow. 

Anda harus melakukan hal tersebut, karena dengan memfollow orang-orang terkenal, hal tersebut akan memudahkan anda untuk menargetkan pengunjung potensial menuju website anda. Mereka akan melihat bahwa 'amateurgardeners' kini mem-follow mereka dan mereka akan melihat bahwa anda memiliki kepentingan dan ketertarikan yang sama dengan mereka, sehingga mereka dapat melakukkan follow back kepada anda. Tetapi walaupun demikian, jangan berkecil hati jika tidak semua orang melakukan follow back, anda harus tetap yakin bahwa diantara mereka akan ada yang tertarik pada niche dan situs yang anda kelola.

Setelah mengatur akun dan memfollow orang-orang dengan tujuan agar mereka melakukan follow back. Sekarang adalah waktu untuk mulai tweeting! Ada orang yang memiliki account twitter, tapi mereka tidak men-tweet apa-apa. Jika anda melakukan hal ini, maka anda jangan mengeluh jika anda tidak mendapatkan cukup traffic, karena anda tidak melakukan upaya apapun untuk terlibat dengan audiens anda.

Semakin sering Anda men-tweet, semakin banyak traffic akan anda dapatkan. Tapi walau demikian, melakukan tweet bukan hanya mengenai frekuensi, anda juga harus memperhatikan kualitas tweet anda, karena kualitas adalah hal yang paling utama. Anda perlu untuk tweet secara teratur mengenai niche yang anda buat, seperti tweeting rekomendasi, tips, berita dan yang paling penting apa yang terjadi pada website anda. Hal yang sangat tidak berguna jika 'amateurgardeners', akun yang bergelut dibidang berkebun melakukan tweet mengenai gosip selebriti.

Untuk beberapa alasan, kebanyakan orang men-tweet hanya pada saat mereka terjaga. Jika anda berpikir dan khawatir ketika anda tidur anda akan kehilangan jutaan orang yang tertarik pada apa yang anda iklankan di belahan dunia yang lain. Anda bisa menggunakan perangkat lunak yang tersedia seperti MarketMeTweet & Tweet Adder yang memungkinkan anda untuk mengotomatisasi tweets anda sehingga mereka dapat disiarkan 24 jam sehari. Perangkat lunak yang akan memudahkan hidup anda.

Selain itu, ada juga berbagai perangkat lunak otomatis yang memungkinkan anda untuk mengelola akun twitter anda lebih ekonomis. Program seperti MarketMeTweet, Tweet Adder dan HootSuite memberikan kemudahan untuk mengelola akun Twitter anda, seperti follow, un-follow dan mengotomatisasi tweet, sehingga anda dapat menghemat waktu yang bisa anda pakai untuk bekerja di website anda. Menggunakan perangkat-perangkat lunak tersebut akan membuat anda bisa lebih fokus pada hal yang akan anda siarkan di akun twitter anda, karena anda tidak terlalu banyak memikirkan pengelolaan akun.

2. Facebook

Facebook adalah fenomena besar lainnya, Facebook adalah media sosial lainnya yang dapat anda gunakan untuk pemasaran website anda. Seperti halnya Twitter, banyak orang memiliki halaman Facebook namun mereka tidak melakukan apa-apa. Mereka membuat akun facebook tapi mereka membiarkan akun tersebut tanpa berinteraksi dengan orang lain di media sosial tersebut.

Dengan melakukan hal ini sebenarnya mereka telah kehilangan kesempatan besar, kenapa? karena Facebook bisa digunakan untuk menarik traffic yang cukup besar menuju situs mereka. Ada sekitar 600 juta pengguna di seluruh dunia, atau hampir 10% dari populasi bumi! yang bisa menjadi potensi untuk berinteraksi.

Untuk memulainya, anda perlu membuat fan page untuk website anda. Hal ini mudah dilakukan dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk menyiapkannya. Sama halnya seperti Twitter, anda harus menetapkan gambar profil yang memiliki kualitas baik dan mengisi beberapa informasi terkait dengan website yang anda kelola. Buatlah deskripsi yang singkat, jelas, dan padat untuk membantu orang lain mengetahui tentang website anda, buat lah deskripsi yang bisa membuat mereka me-'Like' dan mengikuti akun facebook anda sehingga anda bisa arahkan mereka menuju situs yang anda kelola.

Untuk membantu meningkatkan fan page yang sudah anda buat, anda harus membangun jaringan dengan lebih banyak orang, sebaiknya dengan orang-orang yang tertarik pada niche Anda. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan mencari orang-orang populer yang berkaitan dengan niche anda dan menjadikan halaman mereka 'Friends' / 'like' fan page mereka.

Hal ini merupakan cara terbaik untuk menarik orang orang yang anda inginkan menuju website anda. Beberapa orang ini akan merespon anda dengan menjadi teman dan mengunjungi halaman untuk melakukan ’like’ terhadap fan page yang anda kelola.

Setelah anda membangun sendiri sedikit demi sedikit reputasi dalam niche yang anda kelola, anda dapat mencoba untuk menarik lebih banyak orang. Cara yang terbaik untuk melakukan hal ini adalah dengan sopan meminta orang yang memiliki profil terkenal dalam niche anda untuk melakukan ‘like’ terhadap halaman fan page anda. Dengan cara ini, semua pengikut mereka akan melihat bahwa mereka adalah berteman dengan anda dan melakukan like terhadap halaman yang anda kelola, hal ini akan menarik lebih banyak orang untuk menuju situs anda.

Hal terakhir yang harus anda lakukan adalah seperti pada pembahasan kita mengenai Twitter, anda harus posting update ke halaman anda secara teratur. Update, berita, acara mendatang, tanggal lokakarya, dll dengan menautkan link menuju website anda. Ini akan sangat membantu untuk mengarahkan traffic ke situs anda.

3. Media Sosial Lainnya

Ada banyak media sosial dan situs bookmark yang dapat anda gunakan sebagai media promosi. Situs seperti Digg, LinkedIn, MySpace, Stumbleupon, Google+, dll, adalah media sosial yang memiliki anggota dalam jumlah yang sangat besar. Membuat profil/halaman pada sejumlah media sosial ini dapat membantu anda untuk meningkatkan traffic situs yang anda kelola.

Anda akan harus melakukan update secara teratur ke media sosial tersebut, dan menyimpan link di media sosial tersebut untuk membuat pengunjung datang ke situs anda. Namun anda tidak perlu melakukan semua ini secara manual. Ada banyak program atau perangkat lunak yang dapat anda gunakan untuk mengotomatisasi proses tersebut. Software seperti OnlyWire memungkinkan anda untuk mengirim konten ke media sosial melalui satu aplikasi saja. Hal ini bagus untuk posting link ke media sosial yang anda keloa ketika anda meng-upload artikel baru atau video.

Keuntungan tambahan dari semua media sosial ini adalah bahwa anda tidak hanya memiliki lebih banyak kesempatan untuk mengarahkan orang ke situs anda, namun jumlah backlink ke website anda pun akan tumbuh dengan sendirinya. Semakin banyak link yang menunjuk ke situs anda, maka hal ini akan semakin baik. Karena mesin pencari seperti Google dan Bing akan merayap internet dan menemukan semua link ini.

Semakin banyak link yang ada, semakin banyak mesin pencari yang akan menemukan artikel yang anda buat, hal ini akan mengakibatkan mesin pencari memberikan peringkat yang lebih tinggi pada situs yang anda kelola, sehingga hal ini pun dapat meningkatkan traffic situs anda.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat :)
Jika dirasa bermanfaat silahkan share pada teman-teman anda, mungkin mereka membutuhkan :D

Baca juga :
Shared Content Optimization : Apa & Mengapa Kita Harus Melakukannya -Bagian 1-
Shared Content Optimization : Mengapa Kita Harus Melakukannya -Bagian 2-
Cara Terbaik untuk Mendapat Promosi Website Gratis

2 comments:

  1. melalui twitter susah gan, paling gampang ya lewat fb

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar. Mohon untuk tidak memberikan komentar yang berbau SARA, pornografi atau pesan negatif lainnya, karena akan kami hapus dari postingan ini.

Bagi anda yang ingin mempromosikan bisnis anda, silahkan promosikan bisnis anda di blog ini dengan berkomentar dan menyimpan link website bisnis anda pada bagian komentar.