Memahami Peran Media Sosial Dalam Pemasaran

Media sosial membuat kita terhubung dengan banyak orang. Media sosialpun bisa membantu kita dalam berbagai hal termasuk membantu meningkatkan bisnis kita
Media sosial merupakan hal yang familiar bagi masyarakat zaman sekarang. Orang-orang menggunakan media sosial untuk berbagai macam hal, berhubungan dengan orang-orang yang mereka kenal, saling berinteraksi lagi dengan kawan-kawan lama yang mungkin sudah berada di tempat yang jauh, bahkan untuk mengenal orang-orang baru, lalu ada juga orang-orang yang menggunakan media sosial untuk berbisnis.

Disamping semua fungsi dari media sosial yang telah disebutkan. Pada artikel ini kita akan membahas peran media sosial dalam berbisnis, secara khusus peran media sosial dalam pemasaran. Apa sih peran media sosial yang bisa saya gunakan dalam pemasaran saya?

Sebelum kita memasuki apa peran media sosial dalam pemasaran, kita harus mengenal dulu apa itu media sosial. Media Sosial seperti yang kita ketahui merupakan alat berbasis internet yang dapat digunakan untuk menggabungkan teknologi dan interaksi sosial dengan menggunakan kata-kata, gambar, maupun video. Kita berinteraksi dengan orang lain menggunakan teknologi yang terhubung dengan internet dengan berbagai media tersebut.

Beberapa dari kita pasti sudah sangat familiar, sudah sangat mengenal mengenai Twitter, Facebook,YouTube, Instagram, Whatsapp, dll. Kita tidak hanya mengenal berbagai aplikasi ini, tetapi kita sudah terbiasa menggunakannya, bahkan mungkin telah menjadi kebutuhan kita sehari-hari, telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita.

Media sosial adalah aplikasi yang menghubungkan kita dengan berbagai orang. Media sosial menghubungkan kita, tidak hanya dengan orang yang kita kenal saja, bahkan dengan mereka yang tidak kenal pun kita bisa terhubung melalui media sosial. Aplikasi-aplikasi ini memberikan cara efektif dan efisien untuk berkomunikasi dengan rekan, pelanggan, dan konsumen yang potensial untuk membeli dan menggunakan produk kita. Media sosial dapat "mempersonalisasi merek" dan membantu anda untuk menyebarkan luaskan dan mengenalkan pesan anda dalam cara yang santai melalui percakapan, gambar, maupun video.

Media sosial, telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat kita. Sehingga anda harus menjadikan hal ini sebagai momentum dan memberikan perhatian khusus terhadap pemasaran anda melalui media tersebut, sehingga hal ini bisa meningkatkan penjual anda dan membuat anda menjadi lebih sukses.

Jika Anda berpikir bahwa media sosial hanya digunakan oleh pemilik-pemilik usaha tertentu dan dalam kelas tertentu, anda salah. Pada kenyataannya tidak seperti itu, media sosial telah digunakan oleh berbagai macam jenis usaha. Mulai dari usaha minuman keras-hingga promosi presiden. Berikut adalah beberapa perusahaan yang telah terlibat dalam media sosial:
  1. Absolut Vodka - Menggunakan video Online di YouTube dan Menggunakan Facebook untuk fan page top bartender mereka.
  2. BMW - Memanfaatkan Facebook untuk mempromosikan 1-Series Road Trip mereka dan mereka telah menciptakan sebuah halaman rampenfest untuk penggemar.
  3. Dunkin Donuts - mereka telah menemukan nilai dalam media sosial dan telah menyiapkan microblogging akun Twitter.
  4. Barack Obama - Dia menggunakan Twitter selama Pemilihan Presiden. Dia memiliki lebih dari 170.000 pengikut dan mengikuti lebih dari 165.000. Secara pribadi, dan menggunakan "twitter buzz" selama Debat Presiden serta pemilihan.
Seperti yang Anda lihat kita memiliki perusahaan minuman dewasa, produsen mobil eksotis, toko-toko kue dan Presiden yang menggunakan alat media sosial, sehingga dapat dengan mudah kita ketahui bahwa mereka menggunakan media tersebut untuk tujuan tertentu. Lalu peran apa yang yang bisa dilakukan media sosial dalam pemasaran Anda?

Seperti yang anda tahu , media sosial berperan dalam pemasaran dengan memberikan fasilitas bagi peggunanya untuk menginformasikan konsumen mengenai produk, siapa kita dan apa yang kita lakukan. Berikut adalah beberapa cara peran media sosial dalam pemasaran :
  1. Kita dapat menggunakan media sosial untuk memberi tahukan identitas kita, kita bisa mengenalkan pada pelanggan mengenai siapa kita dan produk atau jasa apa saja yang kita tawarkan.
  2. Kita bisa menciptakan hubungan dan berinteraksi dengan menggunakan media sosial dengan orang-orang yang mungkin tidak tahu tentang produk atau layanan maupun tentang perusahaan yang kita miliki.
  3. Media sosial membuat interaksi anda tampak lebih nyata kepada konsumen. Karena anda tidak hanya berbicara tentang berita produk terbaru, tetapi anda juga bisa berbagi mengenai diri anda dengan mereka.
  4. Kita juga dapat menggunakan media sosial untuk menjalin hubungan dengan dengan rekan-rekan kita, yang mungkin melayani target pasar yang sama.
  5. Kita dapat menggunakan media sosial untuk berkomunikasi dan memberikan informasi yang dicari oleh konsumen.
Seperti yang Anda lihat media sosial mempunyai banyak nilai positif dalam pemasaran, tapi bagaimana anda dapat melakukannya dengan benar?

Anda tidak boleh hanya bergantung pada media sosial, anda harus mengintegrasikannya dengan media lain dari pemasaran, bukan hal yang tidak mungkin bahwa satu hari setelah anda membangun media sosial, produk anda akan menjadi terkenal, namun bisa juga yang terjadi adalah sebaliknya. Hal tersebut tergantung dengan bagaimana anda menggunakan media sosial dan bagaimana anda mengintegrasikannya dengan media atau strategi pemasaran lainnya.

Jadilah diri sendiri, tunjukan kepribadian anda dalam media sosial. Tidak ada tertulis aturan "benar" atau "salah" ketika anda datang ke media sosial, anda sendirilah yang dapat menentukan apa yang akan mendatangkan nilai positif bagi bisnis Anda. Selain itu, anda juga harus konsisten. Jika anda tidak konsisten dalam menggunakan media sosial, hal itu sama dengan membuang-buang waktu anda dan membuang-buang waktu orang lain.

Baca juga :
Apa Yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Menggunakan Media Sosial untuk Bisnis
Tips Menggunakan Media Sosial dalam Bisnis Anda

Peran media sosial dalam pemasaran anda adalah dengan menggunakannya sebagai alat komunikasi. Media sosial bisa membuat anda mudah diakses oleh mereka yang tertarik pada produk anda dan membuat anda terlihat oleh orang-orang yang tidak tahu mengenai produk anda.

Menggunakannya sebagai alat yang menciptakan kepribadian di belakang merek anda dan menciptakan hubungan yang mungkin tidak pernah anda dapatkan sebelumnya. Media sosial tidak hanya mengdatangkan pembeli tapi juga bisa membangun loyalitas pelanggan.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat :)
Jika dirasa bermanfaat silahkan share pada teman-teman anda, mungkin mereka membutuhkan :D

Baca juga :
Cara Meningkatkan Traffic Melalui Media Sosial
Shared Content Optimization : Apa dan Mengapa Kita Harus Melakukannya -Bagian 1-
Shared Content Optimization : Apa yang Harus Dilakukan -Bagian 2-

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar. Mohon untuk tidak memberikan komentar yang berbau SARA, pornografi atau pesan negatif lainnya, karena akan kami hapus dari postingan ini.

Bagi anda yang ingin mempromosikan bisnis anda, silahkan promosikan bisnis anda di blog ini dengan berkomentar dan menyimpan link website bisnis anda pada bagian komentar.