Dasar-Dasar Pemasaran untuk Meningkatkan Pelanggan Bagi Bisnis Kecil

Menggunakan kreatifitas, bisnis yang memiliki anggaran pemasaran yang terbatas masih bisa melakukan pemasaran secara optimal
Inti dari pemasaran adalah untuk memahami kebutuhan pelanggan anda dan mengembangkan rencana untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Siapa pun yang memiliki bisnis pasti memiliki keinginan untuk mengembangkan bisnis mereka, siapapun yang memiliki usaha pasti ingin membuat usahanya menjadi suatu usaha yang besar. Cara yang paling efektif untuk tumbuh dan memperluas bisnis anda adalah dengan fokus pada pertumbuhan secara alami.

Apa itu pertumbuhan secara alami, menurut saya pertumbuhan alami itu akan terukur dan terlihat berdasarkan empat hal, yaitu :
  1. Memperoleh lebih banyak pelanggan
  2. Membuat setiap pelanggan untuk membeli lebih banyak produk
  3. Membuat setiap pelanggan untuk membeli produk yang lebih mahal
  4. Membuat setiap pelanggan untuk percaya dan merekomendasikan kita pada orang lain
Empat hal ini lah yang dapat meningkatkan pendapatan dan keuntungan. Jika anda bisa melakukan keempat hal ini, maka anda telah sukses sebagai seorang marketing. Keempat hal ini bukanlah merupakan suatu proses yang harus dilakukan tahap demi tahap, keempat hal ini bisa dilakukan secara bersamaan. Anda bisa mencari pelanggan bersamaan dengan menjual produk yang mahal kepada mereka.

Tetapi walau demikian, saya menyarankan anda untuk fokus pada yang pertama. Saya mendorong anda untuk fokus mendapatkan lebih banyak pelanggan terlebih dahulu. Mengapa? Karena dengan mendapatkan lebih banyak pelanggan, anda dapat meningkatkan jangkauan pasar Anda, ketika anda mendapatkan lebih banyak pelanggan dan mereka puas dengan layanan anda, anda bisa membuat mereka membeli lebih banyak produk, menawarkan produk yang lebih mahal, bahkan membuat pelanggan anda untuk mempromosikan bisnis kita pada orang lain.
Apa saja dasar-dasar pemasaran yang bisa dilakukan untuk memperoleh lebih banyak pelanggan?

Hal pertama dan yang paling penting adalah meluangkan waktu untuk meneliti dan membuat rencana strategi pemasaran. Seperti yang telah dibahas pada artikel-artikel lainnya bahwa recana merupakan satu hal yang sangat penting dalam pemasaran. Selalu rencanakan segala sesuatunya, karena ketika anda gagal untuk merencanakan sesuatu sebenarnya anda sedang merencanaka diri anda untuk gagal.

Selanjutnya adalah Pentingnya menentukan target pasar. Hal yang harus diingat ketika anda menawarkan produk adalah bahwa tidak semua populasi memiliki kebutuhan yang sama, dan setiap populasi akan merepresentasikan jenis pasar tertentu. Menawarkan pakaian bayi pada anak SMA bukanlah hal yang tepat, betul bahwa mungkin saja mereka memiliki adik tapi kemungkinan produk anda bisa terjual akan meningkat jika anda menawarkan baju bayi pada ibu-ibu muda, yang jelas-jelas mereka memiliki anak-anak yang baru lahir.

Dengan menawarkan pakaian bayi pada anak SMA hal itu hanya akan membuang-buang energi anda dan waktu anda. Karena itu sangat penting bagi seorang marketing untuk memahami produk mereka, dan mengetahui target pasar mereka. Dengan memilih niche yang benar, dengan memilih jenis pasar yang sesuai anda akan lebih produktif dan tidak membuang-buang waktu dan usaha anda, ketika anda melakukan proses pemasaran.

Sangat penting untuk mempertimbangkan segmen pasar anda, dengan memilih segmen tertentu untuk menawarkan produk anda, hal tersebut akan membuat para pelanggan memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk membeli produk anda. Sekali lagi, memilih jenis pasar dan pelanggan dengan benar akan menyelamatkan anda dari membuang-buang waktu dan uang.

Hal lain untuk meningkatkan pelanggan anda adalah promosi. Promosi adalah hal yang penting, tetapi terkadang hal ini membutuhkan biaya yang cukup. Jika Anda seperti saya dan sebagian besar pemilik usaha kecil lainnya, yang memiliki anggaran pemasaran yang terbatas. Cara yang paling efektif untuk memasarkan usaha kecil tersebut adalah dengan menciptakan sebuah program menyeluruh yang menggabungkan kegiatan penjualan dengan taktik pemasaran anda. Kegiatan penjualan anda tidak hanya akan menurunkan biaya pemasaran tetapi juga menambah nilai dalam berinteraksi dengan calon pelanggan anda. Interaksi ini akan memberikan data yang tak ternilai harganya untuk analisa anda.

Baca juga :
Apa Perbedaan antara Pemasaran dan Penjualan?

Usaha kecil biasanya memiliki anggaran pemasaran yang terbatas. Namun hal ini bukan berarti anda tidak dapat menjalankan strategi pemasaran anda, dan hal ini seharusnya tidak membuat anda berkecil hati untuk berbisnis. Anggaran yang terbatas hanya menuntut anda untuk berpikir sedikit lebih kreatif, dan berusaha sedikit lebih keras untuk memasarkan produk anda.

Selain dengan cara-cara diatas, masih ada alternatif lain untuk mempromosikan bisnis anda. Pernahkah Anda berpikir tentang memperkenalkan bisnis anda ke media? menggunakan media sosial dan lain sebagainya. Jika tidak, maka saat ini adalah waktu yang tepat untuk mulai mempertimbangkan hal tersebut. Sosial media adalah alat publisitas gratis yang memiliki potensi besar untuk meningkatkan bisnis Anda. Dengan melakukan promosi melalui media sosial anda bisa menjaring lebih banyak pelanggan tanpa harus mengeluarkan biaya lebih, yang perlu anda lakukan hanyalah dengan mempelajari mengenai internet dan media sosial yang akan anda gunakan.

Baca juga :
Memahami Peran Media Sosial dalam Pemasaran
Tips Menggunakan Media Sosial untuk Bisnis Anda
Tips Pemasaran Melalui Instagram untuk Mempromosikan Bisnis Anda

Selain dengan media sosial, anda bisa mempromosikan dan mengundang orang untuk datang ke tempat usaha anda dengan "membonceng" pada sebuah acara, "membonceng" pada pengusaha yang sudah sukses dalam bidangnya. Misalnya ketika ada konser besar di kota anda, apakah Anda bersedia untuk menjual tiket mereka? Harus bersedia, karena hal ini bisa dijadikan sebagai ajang promosi bisnis anda. Anda bisa menjual tiket mereka sambil memperkenalkan dan mengundang orang-orang upada bisnis anda. Cara ini bisa dilakukan sebagai ajang promosi gratis bagi bisnis anda.

Banyak strategi yang bisa dilakukan untuk pemasaran, termasuk strategi-strategi yang "low budget". Bahkan ketika Anda menghabiskan uang untuk pemasaran, jangan lupa untuk merencanakan segala sesuatunya. Sebagai misal dengan selalu membangun interaksi dengan pelanggan anda yang anda dapat dari hasil promosi tersebut. Hal bisa ini dilakukan dengan beberapa cara, Sebagai misal dengan mengcoding iklan Anda, menggunakan beberapa nomor telepon bebas pulsa yang bisa dihubungi oleh pelanggan anda, dan selalu memberikan update sehingga mereka bisa mendengar tentang anda.

Selain hal-hal diatas ada kalanya kita sebagai pemasar harus selalu siap dengan perubahan. Selalu siapkan strategi bagu yang memungkinkan Anda untuk melakukan perubahan ketika taktik pemasaran anda yang lama berhenti bekerja, anda dapat dengan cepat menggantinya strategi anda dengan metode yang lebih baik. Karena itu selalu cari informasi dan selalu update pengetahuan anda mengenai teknik, pesaing, dan lain sebagainya. Selalu review cara pemasaran anda, dan jika pelanggan tidak kunjung bertambah mungkin ada beberapa hal yang kurang. Seperti :

Panduan dan deskripsi mengenai produk anda untuk saat ini mungkin tidak menarik, untuk mengatasi hal ini mungkin anda bisa mengembangkan pesan-pesan dan materi berdasarkan solusi. Sampaikan pesan-pesan yang dengan membeli atau dengan menggunakan produk anda akan membuat seseorang terpenuhi kebutuhannya atau masalahnya menjadi terselesaikan.

Sekali lagi, memulai bisnis Kecil akan menuntut anda untuk rajin dalam melakukan pemasaran dan menciptakan strategi yang efektif secara berkesinambungan, contoh kecil dari hal tersebut adalah, konsistensi anda untuk menghubungi sepuluh pelanggan atau calon pelanggan setiap hari lima hari seminggu, dengan begitu anda akan melihat bisnis Anda tumbuh pada tingkat yang luar biasa, dan hal tersebut tidak menggunakan anggaran pemasaran yang besar untuk mewujudkannya.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat :)
Jika dirasa bermanfaat silahkan share pada teman-teman anda, mungkin mereka membutuhkan :D

Baca juga :
Strategi Internet Marketing
Menjadi Seorang Afiliasi Super

2 comments:

Silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar. Mohon untuk tidak memberikan komentar yang berbau SARA, pornografi atau pesan negatif lainnya, karena akan kami hapus dari postingan ini.

Bagi anda yang ingin mempromosikan bisnis anda, silahkan promosikan bisnis anda di blog ini dengan berkomentar dan menyimpan link website bisnis anda pada bagian komentar.