Menjadi Seorang Afiliasi Super

Jalan untuk menjadi seorang afiliasi super adalah jalan yang penuh perjuangan
Pemasaran afiliasi adalah suatu model pemasaran sederhana yang sistem kerjanya didasarkan pada komisi. Ahli dalam bidang pemasaran afiliasi sering disebut afiliasi super, Bagaimana seseorang menjadi afiliasi super? apakah setiap orang bisa melakukannya? Ya, siapapun bisa menjadi afiliasi super, tapi hal itu tidak akan datang tanpa darah, keringat, dan komitmen waktu yang besar. Seorang afiliasi super biasanya memiliki kegigihan, kesabaran, dan haus akan pengetahuan.

Tiga sifat ini jika dikombinasikan dengan beberapa strategi berikut akan menjadi "rumus" dasar untuk menjadi seorang afiliasi "super".

Cari Niche Unik

Kesalahan yang sering di lakukan oleh kandidat pemasaran afiliasi adalah bahwa mereka mencoba untuk menawarkan segala hal daripada berfokus pada satu jenis pasar tertentu. Seorang pemasar afiliasi seharusnya berfokus pada satu jenis pasar tertentu atau sering disebut dengan niche, sebagai misal hanya khusus menjual produk asuransi, atau hanya khusus menjual property dan lain sebagainya. Dengan memfokuskan diri kita pada satu niche tertentu, maka kita akan menghemat sumberdaya kita dan kita bisa memfokuskan diri kita untuk mempromosikan jenis pasar tersebut.

Pemasaran melalui Mesin pencari

Banyak pemasar afiliasi yang menggunakan mesin bayar per-klik untuk promosi, atau yang lebih dikenal dengan SEM (Adwords, overture, dsb.). Saya sarankan anda belajar bagaimana caranya untuk mencapai hasil pencarian organik atau dengan kata lain belajar SEO. Sehingga orang lain bisa menemukan situs anda pada halaman-halaman atas mesin pencari.

Mempelajari SEO akan menyelamatkan Anda dari menghabiskan semua keuntungan dan penghasilan anda. Saya menyarakan anda untuk menggunakan mesin bayar per-klik hanya jika Anda tahu apa yang Anda lakukan, jika anda sudah memiliki pengalaman dalam pemasaran afiliasi. Jika anda tidak tahu apa yang anda lakukan, semua keuntungan Anda mungkin berakhir di tangan Google Adwords atau Overture. Alih-alih untung, anda malah akan mendapatkan kerugian.

Baca juga :
Apa itu SEO (Search Engin Optimization)
Teknik SEO On-Page (Part 1)
Teknik SEO On-Page (Part 2)

Luangkan waktu untuk Memahami Produk dan Pemirsa Anda

Luangkan waktu anda untuk belajar tentang produk dan jasa yang anda tawarkan. Dengan melakukan hal ini anda akan mendapatkan banyak informasi mengenai produk anda, dan banyaknya informasi tersebut bisa membangun kredibilitas Anda di mata pelanggan. Bayangkan, bagaimana bisa pemirsa anda mempercayai anda, jika anda tidak tahu dan tidak mengerti mengenai produk yang anda jual. Jika pemirsa Anda tidak memiliki kepercayaan anda lebih besar kemungkinan mereka tidak akan membeli melalui anda.

Selain meluangkan waktu untuk memahami produk anda, luangkan juga waktu untuk memahami pemirsa anda. Siapa segmen yang tepat untuk pasar anda, apakah para remaja, ataukah orang dewasa, atau ibu-ibu, dan lain sebagainya. Pahami segmen dan pahami juga karakter mereka, sehingga anda bisa menjual produk anda dengan kata-kata promosi yang tepat.

Carilah Pengetahuan dan Selalu Siap dengan Perubahan

Jika Anda sudah familiar dengan internet marketing, anda tahu bahwa apa yang bekerja tiga bulan yang lalu mungkin tidak bekerja hari ini. Untuk menjadi afiliasi super anda harus selalu menghabiskan waktu untuk membaca, belajar, dan bersahabat dengan perubahan dalam pemasaran Internet. Anda harus mengetahui teknik-teknik baru dalam internet marketing dan selalu siap untuk merubah strategi anda. Inilah kenapa dibutuhkan komitmen yang besar untuk memulai internet marketing, inilah kenapa dibutuhkan waktu yang banyak untuk menjadi seorang afiliasi super.

Jangan Menyerah

Sulit untuk dilakukan, dan sebagian besar mereka yang berkecimpung dalam pemasaran afiliasi menyerah terlalu cepat. Anda harus konsisten dalam memantau statistik meninjau apa yang bekerja dan apa yang tidak. Lakukan perubahan bila diperlukan. lakukan hal tersebut setiap hari Ingat bahwa kesuksesan tidak akan terjadi dalam semalam. Butuh ketekunan, kesabaran, dan pengetahuan. Maka anda berada di jalan untuk menjadi "super" afiliasi.

Mendefinisikan Niche Anda

Satu hal yang saya sering saya perhatikan adalah ada beberapa pemilik usaha yang cenderung mengabaikan niche yang telah mereka tetapkan. Sering sekali pemilik bisnis melihat niche sebagai sesuatu yang mempersempit penjualan mereka atau memotong margin keuntungan, sehingga mereka takut untuk fokus hanya pada suatu niche tertentu. Padahal, berfokus terhadap suatu niche tertentu merupakan suatu komponen yang akan memberikan kekuatan bisnis anda.

Ambil contoh sebuah dealer mobil. Sebuah dealer mobil meminta seorang konsultan untuk membantu mereka mengembangkan strategi pemasaran internet. Pertanyaan pertama yang di ajukan oleh konsultan tersebut adalah "Siapa target Anda?" Mereka menjawab dengan menceritakan bahwa target mereka adalah semua orang. Mereka ingin memasarkan kepada siapa pun tertarik untuk membeli mobil. Sekarang, mari kita ingat bahwa dealer mobil ini terletak di Jakarta.

Konsultan tersebut memberikan penjelasan kepada mereka bahwa, meskipun mereka memasarkan kepada orang di Papua, dan orang tersebut tertarik untuk membeli mobil, kemungkinan orang yang berasal dari Papua tersebut pergi ke Jakarta hanya untuk membeli mobil adalah sangat tidak mungkin. Karena hal itu hanya akan membuang-buang uang dan waktu mereka. Begitu juga dengan kita, kita harus tahu kepada siapa kita akan menjual produk.

Pada percakapan tersebut, konsultan telah membantu mereka untuk melihat mengapa mereka harus mempersempit niche mereka turun menjadi "orang tertarik untuk membeli mobil dalam radius 50 mil", sehingga pemasaran mereka masuk akal dan benar-benar baik. Sekarang mereka memiliki kekuatan. Mereka tahu di mana untuk menghabiskan waktu dan uang untuk pasar dan visi mereka jelas. sekarang mereka mempunyai 10 langkah di depan dealer mobil lainnya

Sesuatu hal yang sangat penting untuk mendefinisikan niche anda dengan baik ketika akan merencanakan strategi pemasaran internet dan mencapai keberhasilan pemasaran online. Anda harus menemukan dan menentukan niche yang akan anda geluti, menawarkan produk atau layanan yang menuntut dan membuat pemirsa untuk datang kepada anda. Anda bisa mendefinisikan niche anda dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut :

Apa yang saya jual ? dan kepada siapa akan saya jual
Karakteristik seperti apa yang di miliki pemirsa saya saat ini? apa kesamaan mereka?
Bagaimana cara membuat perbedaan sehingga saya terpisah dari kompetisi sehingga saya bisa berbeda dari yang lain?
Apa hal ekstra yang bisa saya bawa ke pasar?

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas, anda paling tidak sudah mendefinisikan dengan lebih jelas niche anda. Dari jawaban-jawaban tersebut anda bisa mulai menyusu strategi pemasaran afiliasi yang tepat.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat :)
Jika dirasakan bermanfaat silahkan share pada teman-teman anda, mungkin mereka membutuhkan :D

Baca juga :
Internet Marketing
Berbagai Jenis Internet Marketing mengapa Kita Harus Melakukannya 

1 comment:

Silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar. Mohon untuk tidak memberikan komentar yang berbau SARA, pornografi atau pesan negatif lainnya, karena akan kami hapus dari postingan ini.

Bagi anda yang ingin mempromosikan bisnis anda, silahkan promosikan bisnis anda di blog ini dengan berkomentar dan menyimpan link website bisnis anda pada bagian komentar.