8 Teknik SEO On-Page (part 2)

Ada banyak teknik On-Page SEO, anda harus menggunakannya secara bersamaan agar bisa melihat perubahan yang signifikan pada halaman yang anda buat
Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai apa itu Off-Page SEO dan On-Page SEO secara ringkas, lalu selain membahas mengenai pengertian kedua istilah tersebut, pada artikel sebelumnya juga kita membahas 4 dari 8 cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan halaman website ataupun blog kita dari dalam. Pada artikel ini kita akan membahas 4 teknik lainnya yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan halaman website kita dari dalam. Berikut adalah keempat teknik tersebut :

Baca juga :

5. Body Tags (H1, H2, H3, H4, dll)

Saat menulis artikel, anda harus memilah konten yang anda buat menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Anda harus memilah artikel tersebut kedalam beberapa paragraf sehingga hal ini akan membuatnya lebih mudah dibaca bagi orang lain. Anda dapat memberikan heading pada pembagian yang anda buat, dengan cara menggunakan tag H1, H2, H3, H4, dan seterusnya.

Umumnya tag H1 merupakan judul halaman utama anda, lalu sub judul berikutnya adalah H2, H3, dan seterusnya. Mesin pencari akan menggunakan pemilahan bagian tersebut untuk menentukan apa yang menjadi bahasan dalam artikel yang anda buat.

Mesin pencari akan melihat tag H1, H2, dan H3 untuk menentukan konten dan kata kunci yang penting dalam artikel anda. Inilah sebabnya mengapa judul yang penuh dengan kata kunci akan lebih baik daripada judul biasa. Pastikan anda menulis judul yang kaya dengan kata kunci dengan urutan prioritas H1, H2 dan H3.

6. Kepadatan Kata Kunci
Menempatkan kata kunci yang relevan pada artikel anda merupakan hal yang sangat penting. Karena menempatkan kata kunci yang relevan pada konten yang anda buat akan membantu mesin pencari dalam menentukan apa inti dari konten atau artikel tersebut.

Tetapi walaupun demikian, cobalah untuk tidak berlebihan dalam mengulang kata kunci tersebut, karena jika anda mengulang kata kunci tersebut secara berlebihan, dengan tujuan untuk memanipulasi robot mesin pencari untuk meningkatkan peringkat halaman anda. hal ini dapat menyebabkan situs anda di banned oleh mesin pencari yang bersangkutan.

Untuk menghindari hal ini, cobalah untuk menjaga kepadatan kata kunci yang anda gunakan anda sekitar 2-5%. Jika anda kesulitan dalam melakukan hal tersebut, maka jalan keluar yang bisa anda lakukan adalah dengan memperluas kosa kata pada artikel yang anda buat. Dengan cara ini, anda masih menulis artikel mengenai hal yang sama tetapi tanpa risiko untuk dibanned.

7. Gambar SEO

Menggunakan gambar pada artikel yang anda buat adalah salah satu cara yang bagus untuk membuat situs anda lebih menarik secara visual. Anda dapat memanfaatkan gambar-gambar ini untuk membantu meningkatkan peringkat halaman situs anda di mesin pencari.

Semua gambar yang diupload memiliki judul, sehingga anda harus memperlakukan judul pada gambar sama seperti judul pada halaman yang anda buat. Judul pada gambar pun akan diperhitungkan oleh mesin pencari, sehingga kata kunci yang relevan pada judul gambar akan dapat membantu orang untuk menemukan situs anda ketika mencari di Google Images.

Anda juga bisa memasukkan Alt Teks dan Deskripsi pada gambar anda, sehingga gambar tersebut dapat lebih berguna untuk SEO.

8. Internal Linking

Orang sering berpikir bahwa satu-satunya link yang dianggap penting adalah link dari situs luar atau lebih dikenal dengan backlink. Hal ini tidak salah namun backlink bukan satu-satunya link penting yang bisa anda gunakan untuk SEO!

Mengaitkan halaman demi halaman dalam website yang anda buat, dengan menyimpan link halaman yang satu di halaman lainnya adalah cara yang bagus untuk meningkatkan peringkat halaman situs yang anda buat. Jika digunakan dengan benar link internal dapat menjadi senjata yang sangat berguna bagi website anda.

Tidak hanya mempermudah pengunjung untuk menavigasi situs yang anda buat, internal link juga membantu mereka menemukan semua konten anda. Selain itu, internal link juga bisa membuat situs anda menjadi lebih mudah terindeks oleh mesin pencari, dan hal ini akan memastikan semua konten anda ditemukan oleh mesin pencari.

Hal diatas juga dapat membantu dalam membangun relevansi halaman dengan kata kunci dan frase yang relevan, dan pada akhirnya semua ini akan membantu meningkatkan peringkat halaman dari situs yang anda buat di mata mesin pencari.

Ada beberapa metode berbeda yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan struktur link internal tersebut. Yaitu melalui; link konten dan link navigasi permanen.

Untuk blogger, link konten sangat berguna bila digunakan dengan benar. Link konten adalah link yang ditempatkan dalam posting artikel anda, dan link ini akan mengarahkan pembaca ke halaman lain yang relevan. Misalnya, posting ini difokuskan pada “cara meningkatkan traffic untuk website anda”, kemudian artikel ini ditautkan dengan link lainnya, sebagai misal diarahkan ke postingan “Cara membangun Traffic Untuk Blog “, hal ini akan memudahkan pembaca anda untuk dapat menemukan artikel-artikel lain yang berguna bagi mereka.

Ringkasan

Ringkasan dari 8 teknik On-Page SEO bagian pertama dan bagian kedua adalah, terdapat beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan peringkat halaman situs yang anda buat dari dalam website. Bila anda menggunakan teknik-teknik ini secara terpisah, maka tidak akan ada perubahan yang signifikan pada peringkat halaman situs yang anda buat.

Namun, jika teknik-teknik ini digunakan secara bersamaan, hal ini dapat membantu anda untuk meningkatkan traffic dan meningkatkan peringkat halaman situs anda di mata mesin pencari.

Teknik tersebut membantu untuk membuat halaman anda bekerja dengan lebih baik, membantu pembaca anda agar bisa menjelajahi seluruh konten yang terdapat pada situs anda, dan memudahkan untuk dijelajahi oleh robot mesin pencari.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat :)
Jika dirasa bermanfaat silahkan share pada teman-teman anda, mungkin mereka membutuhkan :D

Baca juga :
3 Alat Untuk Meningkatkan Pengunjung dan Penghasilan Blog Anda
Cara Search Engine Beroperasi
Sukses dalam Mengoptimalkan Website : Penelitian Terhadap Mesin Pencari
Cara Membuat Konten SEO tanpa Merugikan Pengguna  

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar. Mohon untuk tidak memberikan komentar yang berbau SARA, pornografi atau pesan negatif lainnya, karena akan kami hapus dari postingan ini.

Bagi anda yang ingin mempromosikan bisnis anda, silahkan promosikan bisnis anda di blog ini dengan berkomentar dan menyimpan link website bisnis anda pada bagian komentar.