Sukses dalam Mengoptimalkan Website : Penelitian terhadap Mesin Pencari

Agar kita bisa sukses dalam mengoptimalkan website, coba lakukan penelitian terhadap search engine seperti yang dilakukan para webmaster
Beberapa waktu yang lalu penulis pernah membahas mengenai bagaimana search engine bekerja, dan beberapa teknik SEO umum yang dapat dilakukan oleh para internet marketing. Pada kesempatan kali ini penulis ingin membahas mengenaiapa yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan website kita, sehingga website kita di sukai oleh search engine. Apa yang harus kita lakukan agar mereka mencintai kita dan menganggap kita sebagai situs yang relevan dan popular, sehingga mereka akan merekomendasikan informasi dari website kita kepada para pengguna.

Baca juga :
Apa itu SEO (Search Engine Optimization)
Cara Search Engine Beroperasi

Pertanyaan paling mendasar adalah, "Bagaimana strategi pemasaran untuk mengoptimalkan website kita agar bisa sukses di search engine?"

Jika kita berbicara mengenai algoritma rumit yang digunakan search engine untuk menentukan relevansi dan popularitas suatu website mungkin akan tampak sangat rumit bagi kebanyakan orang, bahkan penulis sendiri tidak memiliki pengetahuan yang mumpuni mengenai alogaritma yang digunakan oleh search engine.

Tetapi walaupun demikian, perusahaan-perusahaan search engine sendiri memberikan sedikit wawasan tentang bagaimana cara untuk mencapai hasil yang lebih baik dan bagaimana cara mendapatkan lebih banyak pengunjung. Penulis akan membahas informasi yang diberikan oleh search engine populer (google dan bing) mengenai cara terbaik untuk mengoptimalkan website kita pada search engine, berikut adalah informasi yang diberikan search engine untuk mengoptimalkan website kita:

Informasi SEO yang Diambil dari Pedoman Webmaster Google
 

Google merekomendasikan beberapa hal berikut untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik di search engine mereka:
  1. Membuat halaman yang ditujukan untuk pengguna, bukan membuat halaman untuk mesin pencari. Artinya adalah, buat halaman yang nyaman bagi para pengguna, jangan menipu pengguna dengan konten yang berbeda dengan yang di tunjukan untuk search engine. Praktek seperti ini biasanya sering disebut sebagai "cloaking."
  2. Buatlah situs dengan hirarki yang jelas dan beberapa link text. Setiap halaman harus dapat dicapai setidaknya dari satu link text statis.
  3. Buat situs yang berguna dan kaya dengan informasi. Tulis setiap halaman secara jelas dan akurat untuk menjelaskan mengenai konten yang anda buat. Pastikan bahwa judul dan elemen-elemen lain pada website anda deskriptif dan akurat.
  4. Gunakan kata kunci yang mendeskripsikan konten, URL yang bersahabat untuk pengguna. Menyediakan satu versi URL untuk mencapai sebuah dokumen, menggunakan 301  atau rel = atribut "kanonik" untuk menunjukan konten duplikat.
Informasi SEO dari yang Diambil dari Pedoman Webmaster Bing

Para mekanik dari search engine Bing di Microsoft merekomendasikan beberapa hal berikut untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencari mereka:
  1. Pastikan, struktur URL yang jelas dan kaya akan kata kunci.
  2. Pastikan konten tidak tertutupi oleh media seperti (Adobe Flash Player, JavaScript, Ajax) dan pastikan bahwa media-media tersebut tidak menyembunyikan link dari robot perayap.
  3. Buat konten yang kaya dengan kata kunci serta sesuai dengan apa yang di cari pengguna. serta Menghasilkan konten fresh secara teratur.
  4. Jangan menempatkan teks yang ingin diindeks oleh search engine dalam gambar. Misalnya, jika nama perusahaan anda atau alamat website anda ingin terindeks oleh search Engini ini, pastikan teks tersebut tidak ditampilkan dalam logo perusahaan.
Contoh Percobaan Untuk Meningkatkan Peringkat Pada Mesin Pencari

Sudah lebih dari 15 tahun internet, web, dan search engine telah ada. Para Internet Marketer telah menemukan metode untuk mengekstrak informasi tentang bagaimana search engine memberikan peringkat untuk suatu halaman web. SEO dan para internet marketers menggunakan informasi tersebut untuk membantu situs mereka dan klien mereka dalam mencapai posisi yang lebih baik di mata search engine.

Sampai saat ini belum ada alat yang lebih canggih untuk membantu para webmaster meneliti kegiatan search engine selain kebebasan yang mereka dapatkan untuk menggunakan search engine tersebut untuk melakukan eksperimen, menguji hipotesis, dan membentuk suatu pendapat mengenai hal tersebut. 

Berkaitan dengan hal tersebut para internet marketers telah banyak melakukan penelitian, mereka telah melakukan proses yang sangat teliti dan berulang berulang, sehingga mereka bisa mendapatkan dan mengumpkal banyak hasil dari berbagai percobaan tentang fungsi seach engine, salah satu contoh percobaan sederhana yang dapat dilakukan bahkan oleh kita para pemula seperti hal nya berikut ini:
  1. Daftarkan website baru dengan kata kunci asal (misalnya, ishkabibbell.com).
  2. Buat beberapa halaman di situs web tersebut dengan kata kunci yang lucu (misalnya, yoogewgally)
  3. Buat halaman-halaman tersebut semirip mungkin, kemudian rubah satu variabel pada setiap halaman sedikit demi sedikit. Sebagai contoh, kita bisa berkesperimen dengan mengubah penempatan teks, format, penggunaan kata kunci, struktur tautan, dan lain sebagainya.
  4. Hubungkan halaman web kepada domain untuk diindeks, dan biarakan dirayapi oleh mesin pencari.
  5. Catat peringkat halaman dari mesin pencari.
  6. Sekarang membuat perubahan kecil pada halaman-halaman tersebut dan menilai dampak perubahan-perubahan itu pada hasil pencarian di search engine, untuk menentukan faktor-faktor apa yang mungkin mendorong peringkat halaman tersebut naik atau bahkan membuat peringkat halaman tersebut turun.
  7. Catat hasil apapun yang muncul, dan menguji ulang halaman-halaman tersebut pada domain lain atau dengan istilah lain. Jika beberapa tes secara konsisten mengembalikan hasil yang sama, kemungkinan anda telah menemukan pola yang digunakan oleh mesin pencari.
Proses percobaan diatas berguna, tapi eksperimen itu saja mungkin tidak cukup untuk membantu para internet marketer. Selain pengujian semacam ini, internet marketers juga dapat mengumpulkan dari kompetisi antara search engine, internet marketers bisa mencari apa saja metode yang dipatentkan oleh mekanik search engine tertentu.  Karena metode yang dipatenkan oleh para mekanik adalah metode yang menurut mereka paling canggih dan kemungkinan akan terus dipakai.

Baca juga :
Teknik SEO On-Page (Part 1)
Teknik SEO On-Page (Part 2)

Melalui metode seperti analisis , percobaan, dan pengujian, anda akan memahami banyak mengenai operasi dasar dari search engine dan komponen-komponen penting untuk membuat website, halaman, serta blog. Dari data-data tersebuk kita bisa menyimpulkan apa yang harus kita lakukan agar website kita mendapatkan peringkat yang tinggi di mata search engine dan lalu lintas yang signifikan.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat :)
Jika dirasa bermanfaat silahkan share pada teman-teman anda, mungkin mereka membutuhkan :D

Baca juga :
Berbagai Jenis Internet Marketing & Mengapa Kita Harus Mulai Melakukannya
Internet Marketing

2 comments:

Silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar. Mohon untuk tidak memberikan komentar yang berbau SARA, pornografi atau pesan negatif lainnya, karena akan kami hapus dari postingan ini.

Bagi anda yang ingin mempromosikan bisnis anda, silahkan promosikan bisnis anda di blog ini dengan berkomentar dan menyimpan link website bisnis anda pada bagian komentar.