5 Sumber Lalu Lintas Besar untuk Website Anda

Traffic atau pengunjung adalah hal yang sangat penting bagi website, karena tanpa itu website tidak akan bisa hidup
Traffic, atau bisa disebut juga dengan pengunjung, atau visitor yang datang pada blog maupun website anda merupakan hal yang dapat membuat sebuah website menjadi sukses. Semua webmaster tahu dan setuju dengan hal ini. Tanpa traffic atau buruknya traffic yang menuju sebuah situs web akan membuat suatu web menjadi tidak berguna, blog dan web tanpa traffic bagaikan buih di luasnya lautan internet hanya akan menghilang dan terlupakan.

Mengapa traffic dianggap sebagai sesuatu yang sangat penting?

Pengunjung Website atau dikenal juga dengan traffic adalah orang-orang yang datang mengunjungi suatu situs, hal ini mereka lakukan bisa karena berbagai hal, apakah karena mereka sedang mencari suatu produk, jasa, atau hanya mencari bahan bacaan yang berguna dan menarik bagi mereka.

Selain traffic ada juga istilah focused traffic, atau traffic terfokus yang artinya adalah orang-orang yang secara khusus mencari produk dan jasa melalui website yang anda sediakan. Traffic yang terfokuslah yang merupakan traffic yang memberikan kita pendapatan dari iklan atau penjualan melalui website yang kita sediakan.

Baca juga :
3 Cara untuk Meningkatkan Traffic Website Anda
3 Alat untuk Mengingkatkan Pengunjung dan Penghasilan Blog Anda
Dasar-Dasar Pemasaran untuk Meningkatkan Pelanggan Bagi Bisnis Kecil

Ada situs yang mendapatkan 50 pengunjung per hari, beberapa mungkin mendapatkan sekitar 500 pengunjung per hari, namun situs lain mungkin mendapatkan 5000 pengunjung per hari. Dalam kasus ini, hal yang sangat memungkinkan bahwa website yang mendapatkan 50 pengunjung per hari dapat menghasilkan uang sebanyak website yang mendapatkan 5000 pengunjung per hari.

Kenapa bisa demikian? hal ini dapat terjadi karena sebagian besar dari 50 pengunjung tersebut adalah pengunjung terfokus di mana mereka semua ingin menghabiskan uang mereka pada produk atau layanan yang tersedia di website tersebut. Traffic terfokus adalah traffic yang benar-benar berkualitas, dan traffic berkualitas tinggi biasanya akan memberikan keuntungan yang lebih banyak bagi pemilik website.

Intinya untuk mendapatkan penghasilan dari sebuah situs web adalah dengan mendapatkan traffic dan secara khusus mendapatkan traffic dengan kualitas tinggi atau dalam hal ini adalah traffic terfokus. Karena dengan adanya traffic terfokus yang lebih banyak akan memberikan pendapatan uang yang lebih banyak pula. Oleh karena itu cukup penting untuk melakukan analisa dari mana traffic tersebut berasal. Semua webmaster harus tahu apa saja yang menghasilkan traffic berkualitas dan bagaimana untuk mendapatkan traffic tersebut.

Berikut adalah lima sumber traffic paling penting dalam teknik pemasaran online untuk membawa traffic berkualitas menuju website anda :

1. Search Engine dan Search Engine Optimization

98% dari traffic menuju ke suatu situs web berasal dari Search Engine seperti Google. peringkat tinggi di halaman hasil Google untuk kata kunci yang ditargetkan atau frase kunci yang ditargetkan, biasanya membawa traffic kualitas terbaik. Optimalkan situs anda, sebagai contoh dengan mengatikan satu artikel dengan situs artikel lainnya.

Selanjutnya, hal terbaik lainnya yang harus dilakukan adalah membuat konten halaman yang banyak, dimana setiap konten merupakan sebuah informasi yang akan menambah nilai nyata bagi pengunjung situs anda.

Website atau blog yang memiliki 1000 halaman artikel akan menarik lebih banyak traffic daripada website yang hanya memliki 5 sampai 20 halaman artikel saja. Anda harus memandang isi website sebagai tujuan jangka panjang. Dengan terus menerus menambahkan halaman artikel setiap hari selama suatu periode waktu, maka website anda akan memiliki 1000 halaman artikel lebih, konten yang bagus dengan banyak artikel akan menarik pengunjung menuju situs anda.

Pendekatan ini benar-benar cara sempurna untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung situs, karena banyaknya artikel dengan konten yang bagus biasanya berbanding lurus dengan banyaknya pengunjung yang menuju situs tersebut.

Baca juga :
Apa it SEO (Search Engine Optimization)
Cara Search Engine Beroperasi
Sukses dalam Mengoptimalkan Website : Penelitian Terhadap Mesin Pencari

2. Pemasaran Artikel

Hal lain yang benar-benar efektif dalam meningkatkan jumlah dan kualitas traffic adalah pemasaran artikel. Hal ini membutuhkan keahlian khusus untuk menulis sesuatu artikel yang singkat, padat, dan menarik, biasanya artikel dengan 300-700 kata dari setiap artikel yang memiliki kata kunci yang cerdas dan alami.

Setelah membuat artikel yang berkualitas, mengirimkan artikel ini ke direktori artikel besar seperti Hubpages, Go Artikel, Buzzle dan beberapa situs lainnya, adalah sesuatu yang layak untuk dicoba, cara tersebut merupakan cara yang bagus untuk mengarahkan traffic terfokus ke website anda.

3. PPC - Pay Per Click Advertising

Peringatan: Ini bisa menjadi cara yang sangat mahal untuk mengarahkan traffic ke situs web anda, tetapi PPC dapat menjadi cara tercepat untuk mendapatkan kualitas traffic ke suatu situs. Tetapi anda harus berhati-hati dalam menggunakan pendekatan ini. Anda harus benar benar merencanakannya dan memikirkan matang ketika akan menggunakan cara ini, dan anda juga harus selalu melakukan review untuk benar benar dapat menemukan kampanye PPC yang bekerja dengan baik untuk anda. 

Jika anda menggunakan PPC dan berhasil meningkatkan traffuc dengan cepat, anda harus memantau dan menganalisa sumber peningkatan dari pengunjung situs tersebut. Google Analytics merupakan sarana terbaik guna melakukan pemantauan tersebut

Microsoft adCenter dan Yahoo Marketing sekarang telah bergabung menyediakan fasilitas PPC tersebut. Namun kombinasi ini tidak menghasilkan arus traffic yang layak. Saat ini Google Adwords masih yang terbaik walaupun biaya yang di butuhkan relatif lebih mahal, jika anda memiliki sumber daya keuangan yang cukup, jangan abaikan Google Adwords.

4. Pemasaran Media Sosial

Facebook, Twitter, LinkedIn dan situs media sosial lainnya dapat memberikan banyak traffic dan publisitas untuk website apapun.

Mendapatkan halaman website kita ditandai atau disukai di beberapa situs ini bisa mendatangkan traffic yang banyak. Walaupun traffic yang di hasilkan tersebut dapat bersifat sementara, namun beberapa pengunjung yang dihasilkan sering melakukan sign on melalui e-mail atau newsletter website anda, sehingga akan memberikan anda cara untuk menghubungi pengunjung situs tersebut lagi.

Video you tube juga merupakan cara lain yang benar-benar efektif untuk mengarahkan traffic ke website anda. Jangan abaikan media sosial dan situs video ketika mencari sumber pengunjung terfokus yang berkelanjutan.

Baca juga :
Memahami Peran Media Sosial dalam Pemasaran
Cara Meningkatkan Traffic Melalui Media Sosial

5. Email Marketing / Follow-up Lists

Email marketing dan Follow-up List adalah cara yang baik untuk membangun pengunjung ke website anda, dengan cara terus-menerus membangun daftar kontak pengunjung untuk di tindak lanjuti di kemudian hari, melalui pesan email yang menarik, informatif, atau penawaran diskon khusus. Hal ini dapat mendatangkan lebih banyak pengunjung sesuai dengan yang di harapkan .

Ketika website anda memberikan informasi berharga, penerima sering menginformasikan hal tersebut ke teman-teman dan rekan kerja mereka serta mendorong mereka untuk mendaftar melalui e-mail ataupun newsletter anda. hal ini akan meningkatkan publisitas dan membawa traffic terfokus dalam jumlah besar ke website anda. 

Selain kelima cara diatas, ada juga sumber traffic lainnya seperti Siaran Pers, Iklan Banner, RSS Feeds, Off-line Advertising. yang bisa menjadi sumber besar untuk traffic terfokus.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat :)
Jika dirasa bermanfaat silahkan share pada teman-teman anda, mungkin mereka membutuhkan :D

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar. Mohon untuk tidak memberikan komentar yang berbau SARA, pornografi atau pesan negatif lainnya, karena akan kami hapus dari postingan ini.

Bagi anda yang ingin mempromosikan bisnis anda, silahkan promosikan bisnis anda di blog ini dengan berkomentar dan menyimpan link website bisnis anda pada bagian komentar.